Pet Information > Others > Pet Articles > Mau Adopsi Anjing? Perhatikan Hal-hal ini! (Part 2)

Mau Adopsi Anjing? Perhatikan Hal-hal ini! (Part 2)

29 11:13:33
Memelihara seekor anjing bukanlah hal yang mudah. Maka diperlukan komitmen dan usaha keras oleh pemilik. 10 hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengadopsi seekor anjing sudah dibahas di bagian pertama, sekarang Sukawu.com akan membahas 10 hal lainnya yang belum disebutkan sebelumnya.
11. Anjing suka berolahraga, terutama anjing besar. Bila Anda malas bergerak atau sering bepergian seharian, kucing adalah solusi yang tepat untuk Anda.
12. Selidiki ras anjing yang cocok dengan Anda. Cari tahu kepribadian, ukuran, aktivitas, kecerdasan dan perawatannya terlebih dahulu.

13. Saat Anda pertama memelihara anak anjing, jangan membiarkannya lepas dari pandangan Anda kecuali ia berada di dalam kandang.
14. Anjing menggonggong dan menggigit. Mereka menggonggong karena bosan, takut atau kesepian. Mereka menggigit apapun kecuali Anda melatihnya untuk menggigit barang tertentu dan bukan sepatu Anda. Jangan menaruh benda-benda kesayangan Anda dalam jangkauannya.
15. Anjing butuh sosialisasi. Bila Anda tidak mengajaknya keluar rumah untuk mengenalkannya pada situasi dan kondisi, maka mereka akan menjadi agresif dan antisosial.
16. Anjing suka bermain dengan teman-temannya. Walau terkesan saling menggigit, sebenarnya mereka sedang bermain. Ajak anjing Anda bermain dengan anjing yang memiliki ukuran serupa.
17. Anjing tidak hanya untuk di luar ruangan (outdoor). Mereka juga membutuhkan kehangatan keluarga di dalam rumah. Jangan Anda keluar hanya untuk memberikan makanan dan melempar bola sekali-kali.
18. Anjing bertambah tua. Mereka memiliki masalah kesehatan seperti manusia seiring bertambahnya umur. Hal ini bisa menyakitkan bila Anda melihatnya. Mereka memerlukan perhatian dan kasih sayang seperti halnya orang yang sudah tua.
19. Sebisa mungkin tidak mengadopsi anjing dengan membeli dari pet shop. Ketika Anda membeli seekor anjing dari pet shop, Anda memberikan untung kepada peternak (breeder) anjing dan mendukung gerakan menternak serta menjual anjing.
20. Cek shelter penyelamatan anjing seperti adopsianjing.com, animaldefenders.or.id, jakartaanimalaid.com, Let's Adopt! Indonesia, Pondok Pengayom Satwa Jakarta dan Pejaten Shelter. Anjing-anjing yang dirawat di shelter terawat dengan baik dan sangat menginginkan sebuah keluarga. Mereka akan cepat terikat dengan Anda. Selain dari shelter, Anda juga bisa mengadopsi anjing dengan cara menerima hibah (dari teman atau dari orang lain).

Baca juga:

Mau Adopsi Anjing? Perhatikan Hal-hal ini!

Pelatihan untuk Anjing Kesayangan Anda

Dari Mana Asal Kelinci dan Telur Paskah?